Senin, 27 Oktober 2014

Menguak misteri gua Kreo

Hai,sahabat Mister-!.
Kali ini saya mau mencoba mengungkap kisah gua yang terletak disebelah barat kota SEMARANG.
GUA KREO..begitu orang menyebut goa ini. Kreo yang dalam kata aslinya Mangreho.(menjaga) adalah goa alam yang memiliki beragam pesona keindahan. Baik hayati maupun hewaninya.
Namun dibalik keindahan itu tersimpan kisah misteri yang menyelimuti gua ini..
Menilik dari asal muasalnya sendiri gua kreo tidak bisa dilepaskan dari sejarah pembangunan masjid agung ndemak. Hal ini berawal dari niatan kanjeng sunan kalijaga yang membawa kayu jati dari daerah jatingaleh kawasan semarang atas. Beliau lantas membawanya dengan menghanyutkannya kesungai. Namun saat melintas dikawasan gua ini . Kayu jati yang dibawa beliau tersangkut. Dan karna arus sungai yang begitu deras . para santrinya tidak ada yang berani untuk turun dan menyelamatkan kayu jati itu . disaat itu kanjeng sunan melaksanakan tirakat dalam gua tersebut. Saat kanjeng Sunan melaksanakan tirakhat . datang segerombolan kera yang membetulkan posisi kayu tersebut sehingga bisa melanjutkan perjalanannya . sebagai tanda terimakasih . kanjeng sunan pun memerintahkan para kera itu untuk MANGREHO ( Menjaga ) tempat petilasan tersebut.
Dan hingga kini pun masyarakat sekitar masih mengingat peristiwa itu . dan mereka selalu mengadakan ruwatan/selamatan. Sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan YME atas segala karuniaNya..  Dan bentuk rasa trimakasih kepada leluhur para kera tersebut.
Ada mitos jika populasi kera dsna selalu tetap .. Dan ada juga mitos tentang kera berbulu emas atau merah yang menjadi raja dari para kera tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar